1 / 3
2 / 3
3 / 3

Keterangan Gambar : H. Misbahul Munir bersama Samsul Arifin (peserta diklatsar)


Diklatsar 1 Banser Kuripan telah usai dilaksanakan, namun banyak cerita istimewa dan luarbiasa kita saksikan dalam kegiatan tersebut. sebut saja peserta cilik bernama Gus Aldan (11). Putra dari pasangan suami istri Kyai Syainullah dan Ny. Musdalifah itu cukup menyita perhatian. bukan karena putra seorang tokoh agama yang mendasari tekadnya, melainkan keinginan dari dirinya sendiri. Gus Aldan kini bangga telah selesai mengikuti tahapan kegiatan diklatsar.

Lain Gus Aldan lain pula dengan Sahabat M. Samsul Arifin. utusan Barisan Serbaguna (Banser) sukapura itu secara simbolis dinobatkan oleh ketua PC GP Ansor Kabupaten Probolinggo H. Misbahul Munir sebagai peserta terbaik Diklatsar 1 Banser Kuripan tahun 2022. 

Semangatnya untuk mengikuti diklatsar sangat besar meski kini umurnya telah menginjak 53tahun, Kepatuhannya mengikuti peraturan, serta disiplin dalam mengatur waktu selama kegiatan. menjadi suri teladan baik bagi para kader Banser yang masih berumur produktif. 

Jarak yang jauh bukan menjadi penghalang baginya untuk mengikuti kegiatan diklatsar. berangkat dari dusun kebonsengon jl. raya bromo nomor 141 dan meniggalkan anak dan istri selama 3hari adalah bukti keseriusannya.

"Usia boleh 53 tahun, tapi masih segar bugar. dan beliau juga memiliki komunitas senam lansia di sekitar sukapura."

Ungkap Tohir Ketua Ansor Sukapura.

Bagi Sahabat Samsul Arifin, komunitas senam lansia ini bukan sebagai ajang bisnis, melainkan menjadi aktivitas rutin. 

awal mulanya ia bersama keluarga melakukan senam 2 kali dalam seminggu. namun animo masyarakat sekitar sangat tinggi sehingga bergabunglah dengan sahabat Samsul Arifin bersama-sama melaksanakan senam lansia secara swadaya. bahkan saat ini peserta senam yang didominasi oleh para lanjut usia telah mencaai 70 anggota. 

Menurutnya, untuk menjaga pola hidup sehat sangatlah murah dan terjangkau yaitu dengan menjaga pola makan dan teratur berolah raga. salah satunya senam lansia ini. terangnya.

Bahkan, beberapa minggu lalu komunitas senam lansia yang digagas Samsul Arifin mendapatkan bantuan kaos senam dari para dermawan di Sukapura. 

Sebagai catatan, bahwa Ansor Sukapura bisa dikatakan belia, karena belum genap berusia 2 tahun dari awal mula terbentuknya Pimpinan Anak Cabang di tingkat kecamatan, berjalan mengikuti alur kearifan lokal yang notabene  muslim, hindu, budha dan suku tengger berbaur tanpa skat perbedaan. menjadikan Banser sebagai daya  tarik tersendiri bagi masyarakat sukapura untuk bergabung didalamnya. 

Bagi kader ansor probolinggo khususnya yang telah di bai'at menjadi anggota Banser kemarin di Kuripan untuk dijadikan sebagai catatan besar, bahwa usia bukanlah menjadi penghalang untuk berkhidmah di Nahdlatul Ulama'. Teruslah tebar kebaikan ditengah masyarakat!. Harap Ketua Ansor Kabupaten Probolinggo H. Misbahul Munir.

(Fery Zakin)

Lebih baru Lebih lama