1 / 3
2 / 3
3 / 3

Keterangan Gambar : acara halal bihalal di MWCNU Tongas


Ansorkabprobplinggo.or.id - Tongas 12/06/2022 - Sukses menggelar acara bagi-bagi Takjil dan Bukber (Buka Bersama) di bulan Ramadhan kemarin, Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Tongas mengamanahkan acara Halal Bihalal dan reuni Kader Penggerak NU kepada Pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ansor Tongas Kabupaten Probolinggo. Halal Bihalal dan Reuni Kader dengan tajuk _“Mengukuhkan Silaturrahim, Menumbuhkan Militansi”_ bertempat di halaman kantor MWCNU Tongas, pada Ahad pagi (12/5/2022).

MDS Rijalul Ansor Tongas menjadi pengisi pra acara dengan lantunan shalawat dan pembacaan Maulid Habsy pada pukul 07.30. Satu jam kemudian acara inti dimulai. Sahabat M. Yasin dan M. Shodik dari satuan Banser Tongas bertindak sebagai pelantun ayat-ayat suci al-Qur’an dan Dirijen Lagu Indonesia Raya dan Mars _Yalal Wathon_.

Ketua MWC NU Tongas Kiyai Arifin, S.PdI menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh pengurus PAC Ansor Tongas dan para Kader Penggerak NU atas terselenggaranya acara ini. Beliau juga berpesan kepada seluruh pimpinan pejabat pemerintah di wilayah kerja kecamatan Tongas, mulai dari TNI-POLRI, Bapak Camat, hingga seluruh kepala desa se-kecamatan Tongas yang ikut hadir pada kegiatan tersebut, untuk turut mensukseskan dan mendukung setiap acara yang diselenggarakan pengurus NU maupun badan otonom (Banom) dan Lembaga NU, baik di tingkat kecamatan hingga pada tingkat desa (ranting). 

Bagai gayung bersambut, Bapak Abdul Ghafur, S.STP., M.Si selaku Camat Kecamatan Tongas betul-betul mengapresiasi setiap kegiatan yang selama ini diadakan oleh Nahdlatul Ulama maupun banom dan lembaganya. Mewakili seluruh kepala desa se-kecamatan Tongas, beliau juga menyampaikan akan selalu mendukung segenap kegiatan-kegiatan ke-NU-an dari tingkat kecamatan hingga tingkat desa, terlebih lagi kasus penyebaran Covid-19 mulai melandai.

Ketua Tanfidziah PCNU Kabupaten Probolinggo Kiyai Abdul Hamid yang turut hadir pada kesempatan itu berpesan kepada semuanya, terutama kepada pengurus dan kader agar tidak ragu untuk berkhidmat kepada Nahdlatul Ulama’ (NU). Dengan berkhidmat kepada NU maka sama halnya dengan berkhidmat kepada Kiyai dan para ulama’. Dengan berkhidmat kepada para kiyai dan para ulama’ maka keberkahan (barokah) akan mengalir dalam setiap langkah kehidupan kita. Terlebih lagi NU didirikan oleh para Waliyullah (kekasih Allah), tuturnya. Beliau juga berpesan agar semua pengurus NU, Banom, Lembaga, dan segenap kader NU menjunjung tinggi adab dengan mendahulukan adab di atas ilmu. 

Kepada segenap kepala desa se-kecamatan Tongas beliau berpesan untuk kembali fokus pada pembangunan desa dan masyarakat desa. Segala bentuk perbedaan pada masa-masa pemiihan cakades beberapa waktu lalu hendaknya dikubur dalam-dalam, dan hendaknya pula memimpin desa dengan mengedepankan keadilandan pemerataan, imbuhnya.

Kegiatan Halal Bihalal ini juga dihadiri oleh Rois Syuriah MWC NU Tongas, KH. Mas Syafrijal Subadar. Dalam mau’izhohnya beliau menyampaikan bahwa Halal Bihalal adalah tradisi yang dicetuskan oleh salah satu Muassis Nahdlatul Ulama’, KH. Abdul Wahhab Hasbullah. Dengan Halal Bihalal ini diharapkan silaturrahmi kembali tersambung terjalin harmonis, dan yang telah tersambung diharapkan dapat mengukuhkan ikatan ukhuwah Islamiyah. Bagi warga NU se-kecamatan Tongas, Halal Bihalal ini diharapkan mampu megukuhkan ikatan ukhuwah jam’iyyah antara satu sama lain. Karena semakin kuat hubungan ukhuwah antar sesama warga nahdliyyin maka NU akan semakin tidak tergoyahkan dan akan tetap menjadi garda terdepan dalam merawat Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari paham-paham yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila.

Kegiatan ini dihadiri sekira 150 orang yang terdiri dari para Kader Penggerak NU se-kecamatan Tongas, para pengurus harian MWC NU, ketua ranting NU se-kecamatan Tongas, serta segenap pengurus PAC dan pengurus ranting Lembaga dan Banom NU se-kecamatan Tongas. Hadir juga pada kegiatan tersebut ketua tanfidziyah MWC NU Sumberasih dan Lumbang.

KH. Muharror Aziz selaku Rois Syuriah PCNU Kabupaten Probolinggo menutup rangkaian acara Halal Bihalal dan Reuni Kader dengan doa.

Muhammad Kholil

Lebih baru Lebih lama