1 / 3
2 / 3
3 / 3

Keterangan Gambar : Ketua PC GP Ansor Kabupaten Probolinggo menghafiri harlah Ansor dan Nuzulul Quran


PROBOLINGGO, 16/4/2023. Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Probolinggo memperingati  Harlah GP Ansor ke 89 & Nuzulul Quran. 

Refleksi hari lahir Gerakan Pemuda Ansor di Kabupaten Probolinggo digelar dengan menggabungkan momentum Nuzulul Qur'an. Karena menurut H. Misbahul Munir, SH. Ketua Ansor Kabupaten Probolinggo sudah semestinya meng-Al Qur'ankan masyarakat dan memasyarakatkan Al Qur'an. 

Karena sangat tepat bila Gerakan Pemuda Ansor ini menciptakan budaya tilawah, syukur-syukur bisa masuk ruang hifdzul quran. Jika pemudanya tidak lepas dari Al Quran kami yakin segala sesuatu yang digerakkan oleh organisasi ini menjadi barokah, lain lagi nanti di akhirat Al Quran menjadi syafa'at bagi ummat Nabi Muhammad SAW. pungkasnya. 

Disamping itu, ia menjelaskan pentingnya memperingati Nuzulul Quran. Karena pada bulan Ramadhan lah Rosulullah SAW mendapatkan wahyu pertama kali dari Allah SWT melalui Malaikat Jibril. 

Wahyu Pertama

Syekh M Ali As-Shabuni bercerita bahwa Al-Qur’an pertama kali turun pada tanggal 17 Ramadhan saat usia Rasulullah mencapai 40 tahun (sekitar 608-609 M). Ketika Rasulullah sedang beruzlah di gua Hira (sekira 5 kilometer dari Makkah), tiba-tiba Jibril datang membawa wahyu. Jibril memeluk dan melepaskan Rasulullah SAW. Hal ini diulanginya sebanyak 3 kali. Setiap kali memeluk, Jibril mengatakan, “Iqra’!” artinya “Bacalah.”

“Aku tidak mengenal bacaan,” jawab Rasulullah.

“Iqra’ bismi rabbikal ladzi khalaq, khalaqal insana min alaq. Iqra wa rabbukal akram. Alldzi allama bil qalam. Allamal bil qalam. Allamal insana ma lam ya’lam,” kata Jibril pada kali ketiga membaca Surat Al-Alaq ayat 1-5.

Ini merupakan awal mula turun wahyu, awal mula turun Al-Qur’an. Sebelum peristiwa agung ini terjadi, beberapa petunjuk mengisyaratkan semakin dekatnya turun wahyu dan kenabian Rasulullah SAW. Sebagian tanda itu adalah mimpi Rasulullah yang disusul dengan peristiwa nyata sesuai dengan mimpinya. Tanda lainnya adalah kesenangan uzlah (menyepi) Rasulullah SAW menjelang turunnya wahyu. (Syekh M Ali As-Shabuni, At-Tibyan fi Ulumil Qur’an, [tanpa kota, Darul Mawahib Al-Islamiyyah: 2016], halaman 14-15).

Giat Ansor Probolinggo

Pada bulan suci ramadhan 1444 H ini diketahui seluruh Pimpinan Anak Cabang dibawah wilayah kerjanya melakukan kegiatan safari ramadhan, tadarus Al Quran, mengikuti lomba patrol/ musik pengantar sahur, pembagian takjil, buka bersama dan khotmil quran. Seperti hari ini yang dilakukan pra acara buka bersama dimulai. 

Ansor Probolinggo juga mengundang seluruh banom dan semi otonom dalam kegiatan tersebut, sebagai wujud membangun kebersamaan baik Banser, MDS Rijalul Ansor, IPNU-IPPNU, Fatayat dan Muslimat. 

"Semoga pada usia 89 tahun ini khususnya Ansor Kabupaten Probolinggo kedepan lebih baik." Doa dan harapan mas munir.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan SK kepada ketua terpilih bagi PAC yang telah melaksanakan proses konferensi anak cabang


Fery Zakin

Lebih baru Lebih lama